DI TURUNKANNYA AL QURA’N SECARA BERTAHAP

DI TURUNKANNYA AL QURA’N SECARA BERTAHAP
DALIL-DALIL
Firman Alloh SWT :
{قل نزله روح القدس من ربك بالحق ليثتت الذين أمنوا وهدى و بشرى للمؤمنين }
Artinya: “Katakanlah Jibril menurunkan Al qur’an dari Rabbmu dengan kebenaran untuk meneguhkanhati orang-orang yang beriman dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri” (Qs. An-Nahl : 102)
{وإن كنتم فى ريب ممّا نزّلنا على عبدنا }
Artinya: “Dan jika kamu meragukan Alquran yang kami turunkan kepada hamba(Muhammad)”
(Qs. Al Baqoroh : 23)
{قل من كان عدوا لجبريل فإنه نزله على قليك بإذن الله مصدقا لما بين يديه وهدى و بشرى للمؤمنين}
Artinya:” Katakanlah (Muhammad) Barangsiapa menjadi musuh Jibril, maka ketahuilah bahwa dialah yang telah menurunkan (Al qur’an) dengan izin Allah, membenarkan apa-apa (Kitab-kitab) terdahulu dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman”(Qs.Al Baqoroh : 97)
Ayat-ayat diatas menunjukkan bahwa Al Qur’an diturunkan dari langit dunia kepada Rosululloh SAW secara berangsur-angsur. karena lafadz yang digunakan adalah التنزيل yang artinya diturunkan secara Berangsur-angsur. Bukan الإنزال yang artinya di turunkan secara langsung.
Contoh penggunaan lafadz dalam alquran: إنا انزلنه في ليللة القدر Dan إنا انزلناه في ليللة القدر
HIKMAH DI TURUNKANNYA AL QUR’AN SECARA BERTAHAP
1. SUPAYA MENENANGKAN HATI ROSULULLOH SAW
Rosululloh SAW di perintahkan agar berda’wah kepada manusia, maka ada diantara mereka ada yang menerimanya dan ada juga yang menolakknya bahkan sampai-sampai mencelanya.maka ketika Rosululloh SAW di selimuti kesedihan diturunkanlah ayat sebagai penghibur baginya. firman Alloh SWT :
فلا يحزنك قولهم, إن العزة لله جميعا وهو السميع العليم
Artinya: ‘dan janganlah engkau (Muhammad) sedih oleh perkataan mereka . Sungguh kekuasaan itu seluruhnya milik Alloh, Dia Maha mendengar, Maha mengetahui”(Qs. Yunus: 65)

2. PENENTANG DAN PELEMAH MAKAR-MAKAR ORANG MUSYRIKIN
Banyak diantara orang-orang musyrikin yang melontarkan perkataan yang tidak masuk akal untuk menghancurkan islam, maka Alloh SWT menurunkn ayat untuk menerangkan dan membantah mereka.
Dan juga pertanyaan yang batil seperti pertanyaan tentang hari kiamat atau disegerakan adzab, maka Alloh menurunkan ayat berkenaan tentang permasalahan tadi untuk menerangkanciri-ciri kebenaranya.

3. MEMPERMUDAH DIHAFAL DAN DI PAHAMI
Al Qur’an turun kepada umat yang tidak bisa membaca dan menulis,sehingga merka mengandalkan hafalan da ingatan. Mereka belajar bukan dengan tulisan ataupun buku, akan tetapi dengan riwayat.
4. SESUAI DENGAN PERISTIWA-PERISTIWA BARU DAN BERTAHAP DALAM PENETAPAN SYARI’AT.
MENUAI FAIDAH DARI DI TURUNKANYA AL QUR’AN SECARA BERTAHAP
DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
Pada dasarnya Pembelajaran ilmiah bersandar pada dua aspek penting, yaitu: Pertama, menitik beratkan pada pemahaman. Kedua, mengembangkan kemampuan akal, diri dan tubuh dengan mengarahkannya kepada kebaikan dan jalan kebenaran.
Penurunan Al Qur’an secara bertahap sangat membantu umat dalam menghafal, memahami, mempelajari, merenungi kandunagn maknanya, serta mempermudah dalam mengamalkannya. Diantara tahap awal penurunan Al Qur’an adalah perintah tentang mambaca dan mempelajari pentingnya tulisan. ALLAH SWT berfirman :
Artinya:“ Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam” (Qs. Al Alaq : 1-5)
Di turunkan juga ayat tentang riba’, pewarisan, peperangan. Semua itu adalah tahapan – tahapan yang berperan penting dalam lemah dan kuatnya membentuk sebuah masyarakat yang islami.
Metode pembelajaran yang tidak menerapkan dua aspek penting diatas. Akan menuai kerugian dan umat tidak akan bisa memetik buah ilmu kecuali hanya terhenti dan terhambat.
Maka hikmah dari Al Qur’an yang di turunkan dengan bertahap adalah sebagai uswatun hasanah dalam metode pembelajaran dan sebagai permisalan dalam cara menyusun pelajaran yang mendidik serta dapat di jadikan pegangan bagi para pengajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: